Santri Cendekia

[Download] Buku Kepustakaan Medis-Pandemik di Dunia Islam

Buku berjudul “Kepustakaan Medis-Pandemik di Dunia Islam” (Deskripsi dan Anotasi Singkat Manuskrip-Manuskrip Wabah, Pandemi, dan Penyakit Menular) karya Dr. Arwin Juli Rakhmadi Butar-Butar memuat deskripsi dan anotasi singkat naskah-naskah manuskrip yang membahas tentang wabah penyakit menular (pandemi) sepanjang sejarah Islam.

Buku ini menampilkan informasi singkat karya-karya tersebut, uraian mendetail dan komprehensif tentu membutuhkan waktu yang sangat panjang. Motivasi penulisan buku ini tidak lain adalah karena momentum wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang sedang melanda di seluruh dunia saat ini, dan khususnya di negeri kita Indonesia.

Secara umum, buku ini berisi informasi sejumlah naskah-naskah manuskrip yang membahas tentang wabah penyakit menular, khususnya yang dikenal dalam sejarah Islam dengan Tha’un. Melalui informasi naskah-naskah (manuskrip) yang pernah ditulis oleh para ulama dan dokter Muslim ini, tampak bahwa fenomena wabah penyakit menular (pandemi) sejatinya telah ada dan berulang kali terjadi sepanjang sejarah umat manusia. Selain itu, berbagai literatur (manuskrip) ini juga memberi pesan dan kearifan bahwa setiap fenomena wabah senantiasa terkait dengan aspek sosial, medis, dan syariat.

Semoga kehadiran buku kecil ini dapat memberi wawasan dan informasi berharga bagi para pembaca. Semoga wabah yang sedang terjadi tahun ini (khususnya di negeri kita) akan segera berlalu, dan semua kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran darinya.

Untuk mendownload buku ini bisa klik di sini

Baca juga:  Gua Kahfi, Bilangan Tahun, dan Kesesuaian Gerak Matahari

Arwin Juli Rakhmadi Butar-Butar

Dosen FAI UMSU dan Kepala Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Add comment

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: