Santri Cendekia
Home » Kapan Masa Keemasan Islam?

Kapan Masa Keemasan Islam?

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Kapan masa-masa keemasan Islam? Bila kita menjawabnya pada masa Abbasiyah, pada masa Harus al-Rasyid. Maka kita sudah sesat pikir. Sayangnya inilah yang banyak terjadi, banyak buku, referensi yang mengajarkan kita demikian. Termasuk Wikipedia ; sumber informasi paling lengkap (yang bisa diedit siapa saja). 

Jadi kapan dong masa keemasan Islam? Ya jaman Nabi lah. Sesuai hadis yang sudah sangat terkenal itu. Dari Abdullah bin Mas’ud Radhiallahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:
خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِي ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ

“Sebaik-baik manusia adalah zamanku, dan kemudian setelahnya, dan kemudian setelahnya.” (HR. Bukhari No. 2509, 3451, 6065, 6282. Muslim No. 2533. At Tirmidzi No. 2320, dari Imran bin Al Hushain)

Manusia zaman nabi tentunya adalah para sahabat Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam. Imam An Nawawi Rahimahullah menerangkan:
الصحيح أن قرنه صلى الله عليه وسلم والصحابة، والثاني التابعون، والثالث تابعوهم

“Yang benar adalah bahwa manusia terbaik adalah zaman Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam dan sahabat, kedua tabi’in, ketiga adalah orang-orang yang mengikuti mereka.” (Syarh Shahih Muslim, Bab Fadhlush Shahabah, No. 4603. Mausu’ah Syuruh Al Hadits)

Maka masa keemasan Islam adalah masa Rasulullah. Masa-masa yang harus jadi cermin jika ingin bangkit. Manusia-manusia pada periode inilah yang harus kita contoh, jadikan teladan bagi perjuangan.

Baca juga:  Jangan Biarkan UIN Membusuk

Ayub

Mengejar impian sederhana, menjadi pecinta semesta.

Tambahkan komentar

Tinggalkan komentar