Santri Cendekia

Rangkaian Pembukaan Munas Tarjih Dibuka untuk Umum

Musyawarah Nasional Tarjih ke-31 akan berlangsung secara virtual. Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 14 Rabiulakhir 1442 H / 29 November sampai 5 Jumadilawal 1442 H /20 Desember 2020. Ketua Panitia Munas Tarjih ke-31 Ruslan Fariadi mengungkapkan bahwa secara teknis, pelaksanaan Munas tahun ini diselenggarakan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah bekerja sama dengan PWM Jawa Timur dan Universitas Muhammadiyah Gresik. Rencananya, sidang virtual ini dipusatkan di Yogyakarta dan Gresik.

“Ada tiga titik pusat pelaksanaan sidang, di Pusat Syiar Dakwah Muhammadiyah (Jl. Cik di Tiro Yogyakarta), Pusat Tarjih Muhammadiyah (Kampus IV Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta), dan Universitas Muhammadiyah Gresik. Karena ini pertama kali, semoga tidak akan kendala-kendala teknis,” tutur Ruslan pada Jumat (27/11).

Ruslan menuturkan pembukaan Munas akan dilaksanakan pada Ahad, 29 November 2020 pada pukul 08:10 WIB. Pada acara pembukaan ini, sambutan akan disampaikan oleh Ketua PWM Jatim Saad Ibrahim, Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Syamsul Anwar, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Sementara itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir akan membuka acara Munas Tarjih ke-31 ini secara resmi sekaligus menyampaikan orasi ilmiah tentang “al-Hujurat-ethict”.

Ada sekitar 286 orang yang menjadi peserta resmi Munas Tarjih ke-31. Peserta terdiri dari Anggota PP Muhammadiyah, Pimpinan dan Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid tingkat pusat, perwakilan Majelis, Lembaga, Biro, dan Organisasi Otonom Tingkat Pusat, Perwakilan Wilayah, dan undangan khusus dari kalangan ahli atau pakar yang diharapkan dapat memberikan berbagai masukan. Ruslan juga menyampaikan bahwa masyarakat secara luas baik Muhammadiyah maupun bukan dapat mengikuti rangkaian pembukaan Munas secara streaming melalui berbagai kanal Youtube.

Baca juga:  Pandemi dan Wabah Menurut al-Imam Jalaluddin as-Suyuthy

“Masyarakat luas bisa mengikuti rangkaian pembukaan ini melalui kanal Youtube di TVMu, channelnya Universitas Muhammadiyah Gresik, Tarjih Channel, dan medsos-medsos resmi persyarikatan lainya. Sementara itu, akses khusus untuk anggota dan peninjau Munas menggunakan Zoom,” jelas Ruslan.

Setelah rangkaian pembukaan usai, Ruslan menambahkan pada pukul 21.30 WIB akan ada ceramah umum dari Ketua PP Muhammadiyah Syafiq A. Mughni yang akan menyampaikan materi tentang Islam dan Kesejahteraan Sosial: Mewujudkan Nilai-nilai Keislaman yang Maju dan Mencerahkan.

“Dengan segala usaha dan tenaga panitia baik di pusat maupun lokal, insyaAllah kami siap menyelenggarakan pembukaan Munas ini. Semoga tidak ada kendala teknis di lapangan dan semuanya berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Sumber: https://muhammadiyah.or.id/rangkaian-pembukaan-munas-tarjih-digelar-terbuka-dan-dapat-disaksikan-seluruh-masyarakat/

Redaksi Santricendekia

Kirim tulisan ke santricendekia.com melalui email: redaksi@santricendekia.com

Add comment

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: