Santri Cendekia

Resensi Buku: Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Karya Afiful Ikhwan

Judul buku : Manajemen Lembaga Pendidikan Islam
Pengarang : Dr. Afiful Ikhwan, M.Pd.I.
Penerbit : NAJAHA
Cetakan : I, 2022
Halaman : 151 halaman
Harga :  Rp 55.000 – Rp 65.000

Oleh: Rindiani* 

Dalam rangka menciptakan pendidikan Islami yang sukses dan berkualitas perlu kita pahami dan kaji secara lebih mendalam terkait manajemen pendidikan Islam itu sendiri, dalam buku Dr. Afiful Ikhwan, M.Pd.I. ini yang berjudul Manajemen Lembaga Pendidikan Islam merupakan sebuah karya yang memuat terkait aspek-aspek manajemen pendidikan yang berdasarkan pemikiran serta pemahaman dengan perspektif agama Islam. Seperti yang kita ketahui bahwa pendidikan merupakan suatu kebutuhan setiap individu yang sangat berperan penting dan tidak dapat dipisahkan karena sebagai penunjang kehidupan, pada dasarnya setiap individu dalam melaksanakan kehidupanya tidak lepas dari pendidikan sabab setiap dari kita pasti membutuhkan wawasan serta pengetahuan dalam upaya meningkatkan kualitas manusia itu sendiri. Oleh karena itu, pentingnya suatu lembaga pendidikan yang dibutuhkan sebagai wadah dan ruang dialog dalam konteks ini dikarenakan suatu lembaga pendidikan yang memiliki manajemen pendidikan yang  baik maka tentunya akan mengantarkan setiap individu  pada arah pendidikan yang benar serta berkualitas.

Manajemen atau dalam bahasa inggis management artinya berkembang, pengorganisasian atau pengelolaan. Dalam bahasa Italia manages, manenggio yang diambil dari bahasa latin managiare yang berasal dari kata katamanus atau tangan. Manajemen merupakan sebuah proses kerangka kerja yang melibatkan suatu pengarahan manusia menuju suatu tujuan-tujuan organisasi yang dikelola dan di implementasikan secara nyata. Kemudian beberapa fungsi dari manajemen diantaranya dasar yang selalu ada dan dijadikan sebuah  patokan bagi seorang manejer dalam upaya melaksanakan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan dengan meliputi perencanaan, pengorganisasian serta pengarahan pada sebuah lembaga pendidikan yang dipimpinnya sebagai tanggung jawab dan kewajibanya.

Pendidikan Islam merupakan pendidikan yang berkaitan dengan agama islam. Artinya, yaitu suatu pendidikan yang berdasarkan pada Al-Qur’an dan hadits yang dijadikan sebagai pedoman hidup umat Islam. Pendidikan Islam bertujuan sebagai penanaman akhlak dan takwa menegakan kebenaran. Sehingga terciptanya kepribadian manusia yang berbudi luhur. Apalagi manusia yang di posisikan sebagai wakil Allah di muka bumi yang akan memakmurkan bumi dengan segala apa yang dimilikkinya.

Baca juga:  Perlu Dibaca ! "The Tao of Islam" Kitab Relasi Gender dalam Islam

Dalam buku ini disebutkan bahwa manajemen pendidikan Islam adalah suatu proses pengelolaan lembaga pendidikan islam secara islami dengan cara menyiasati sumber-sumber belajar dan hal-hal lainyang terkait untuk mencapai tujuan pendidikan islam secara efektif dan efisien. Manajemen pendidikan Islam merupakan ilmu pengetahuan yang memadukan antara karakter pendidikan agama Islam dengan ilmu manajemen. Oleh karena itu, sudah pasti mempunyai ciri khas tersendiri yang berkaitan erat dengan nuansa islami. Buku karya Dr. Afiful Ikhwan, M.Pd.I. ini memuat berbagai persoalan mengenai manajemen dari sudut pandang islam. Selain itu, juga menjelaskan manajemen dengan beberapa aspek yang berkaitan denganya yang tentunya sangat dibutuhkan di zaman kekinian seperti saat ini, dan ingin menyampaikan bahwa manajemen islam tentunya tidak kalah saing dengan lainya.

Kajian terkait ilmu manajemen pendidikan islam sangat penting untuk dilakukan serta dipahami. Karena manajemen pendidikan islam berkaitan dengan seluruh aspek yang akan membantu suatu lembaga dalam mencapai kinerja juga kelembagaan yang baik. beberapa hal penting berhubungan dengan manajemen pendidikan islam antara lain berkaitan dengan kinerja para pegawai lembaga pendidikan, pengadministrasian kegiatan pendidikan, aktivitas pada pendidik, kurikulum sebagai konsep dan tujuan pendidikan, sistem pembelajaran dan metode belajar mengajar, pengawasan dan supervisi pendidikan, evaluasi pendidikan serta pembiayaan pelaksanaan pendidikan dari segi fasilitas, alat-alat maupun sarana dan prasarana pendidikan.

Maka dapat kita katakan bahwa keberhasilan suatu lembaga pendidikan berhubungan dengan manajemen yang diterapkan, manajemen pendidikan islam yang bentujuan untuk melaksanakan fungsi-fungsi perencanaan, pengendalian, pengawasan, personalia dan profesionalitas. dengan kata lain manajemen pendidikan islam adalah proses yang terus menerus dilakukan oleh organisasi pendidikan dalam lembaga islam melalui fungsionalisasi unsur-unsur manajemen tersebut. Dimana didalamnya terdapat upaya yang dilakukan untuk saling mempengaruhi, saling mengarahkan serta saling mengawasi sehingga seluruh aktivitas dan kinerja organisasi pendidikan islam dapat tercapai sesuai dengan tujuan dibentuknya lembaga pendidikan islam.

Baca juga:  The Dark History of Islam? On Farag Fouda and His Book "The Absent Truth"

Dari beberapa segi yang dimuat, buku ini memiliki ambisi untuk memaparkan bagaimana peran manajemen dalam lembaga pendidikan islam. Penulis menekankan bahwa kepala sekolah/ madrasah harus mampu menjadi pemimpin. Penekanan tersebut dapat dilihat dalam bahasan mengenai perform, dasar dan peran, serta diakhiri karakteristik kepemimpinan pendidikan islam. Dimana berbagai aspek tersebut diperlukan dalam meningkatkan mutu pendidikan, serta upaya kepala madrasah untuk mencapai kemajuan dan kesempurnaan dalam pendidikan yang dipercayakan kepadanya. Seperti yang telah dipaparkan, buku ini menjadi pilihan yang tepat karena dapat dijadikan bahan bacaan teoritis dan acuan dalam pengelolaan lembaga pendidikan islam. Selain itu, bahwa buku ini juga mengangkat perbagai persoalan yang berkaitan dengan manajemen pendidikan lembaga pendidikan islam dalam rangka meningkatkan lembaga-lembaga pendidikan baik lembaga pendidikan umun maupun islam yang tentunya dilihat dari kaca islam perspektif al qur’an dan hadits.

Dalam pengoperasian lembaga pendidikan islam diperlukan pemahaman dan pengetahuan tentang manajemen dan kaitanya serta faktor-faktor pembentuknya seperti yang berkaitan dengan masalah konsep kepemimpinan islami, perumusan visi-misi madrasah, manajemen sumber daya manusia di madrasah, manajemen perubahan, manajemen kurikulum, sarpras, keuangan, peran serta humas, manajemen budaya dan lingkungan, dst yang keseluruhanya tentu terintegrasi dalam perspektif islam. Buku ini mengarahkan kita untuk memahami apa itu arti kepemimpinan, bagaimana fungsi utama pemimpin, pemaparan tentang manajemen pendidikan islam serta aspek-aspek yang berkaitan, dibahas dengan menggunakan teori-teori dari para pakar pendidikan dan para filsuf muslim sebagai pijakan dalam mengembangkan aktivitas berpikir melalui pemikiran islam serta mencoba untuk diimplementasikan pada lembaga pendidikan islam dengan mencari format kepemimpinan yang ideal bagi lembaga pendidikan islam.

Selain dalam pengertian manajemen pendidikan islam, buku ini juga mencoba untuk menjelaskan tentang pendidikan secara kelembagaan. Dalam hal ini masalah pokok dalam lembaga pendidikan islam seperti pengembangan kurikulum, berkaitan dengan masalah peserta didik, alumni madrasah, madrasah sebagai lembaga pendidikan dan pusat pembudayaan, serta masalah analisis kebijakan terkait pendidikan dan tenaga kependidikan seperti pembinaan dan pengembangan pegawai, jenis tenaga kependidikan, tujuan dan komponen managemen pendidikan dan tenaga kependidikan. Buku ini juga mengaitkan manajemen pada aspek sosial, kultur budaya pada lingkungan madrasah, karena merupakan bentuk kemitraan lembaga dengan masyarakat dan lainnya.

Baca juga:  Al-Sullam dan Isaghuji: Manual Dasar Logika di Dunia Islam

Selanjutnya, setelah pengulas membaca untuk kelemahan pada buku ini yaitu masih terdapat bahasa asing yang belum diberikan keterangan sehingga bagi mereka yang awam dengan bahasa asing tersebut akan merasa kebingungan. Buku ini juga sangat cocok dibaca oleh kalangan mahasiswa yang sedang menempuh studi di Fakultas Agama Islam khususnya jurusan Pendidikan Agama Islam, para dosen, serta calon guru ataupun guru yang sudah mengajar. Buku ini sebagai salah satu sumber pegangan strategi dalam memahami manajemen pendidikan Islam serta komponen-komponennya.

Terakhir, pendidikan harus mampu melaksanakan fungsi-fungsi manajemen pendidikan baik dari aspek kecil hingga aspek yang lebih rumit. Namun, dalam pelaksanaan manajemen pendidikan tidak hanya melihat faktor dalam namun harus melihat faktor lain diluar masalah utama sistem pendidikan. Aspek manajemen pendidikan islam baik berupa sistem pembelajaran, media pembelajaran, metode serta program studi yang ditawarkan oleh lembaga pendidikan harus sesuai dengan tuntutan zaman. Agar tujuan utama didirikannya lembaga pendidikan islam dalam hal ini dapat tercapai dengan baik serta dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh semua orang yang akan menggunakan produk dari lembaga pendidikan islam.

*Nama : Rindiani | Nim : 21112332 | Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Redaksi Santricendekia

Kirim tulisan ke santricendekia.com melalui email: editor.santricendekia@gmail.com

Add comment

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: